Mengenal Macam-Macam Protein Nabati Beserta Manfaatnya

Mengenal Macam-Macam Protein Nabati Beserta Manfaatnya

Anak bisa tumbuh hebat jika tercukupi kebutuhan nutrisinya secara lengkap dan seimbang. Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh adalah  protein.  Supaya kebutuhan protein harian anak terlengkapi, Ibu perlu menyediakan menu yang seimbang antara sumber protein hewani dan sumber protein nabati. Yuk kenali macam-macam protein nabati beserta manfaatnya.

1. Kacang Kedelai

Pada dasarnya nutrisi berupa protein penting untuk regenerasi sel-sel tubuh, pertumbuhan rambut dan kuku, juga memperbaharui sel-sel darah, tulang, juga jaringan kulit dan otot.  Kacang kedelai juga makanan olahan kacang kedelai merupakan salah satu jenis protein nabati yang bermanfaat.

Dalam setiap 85 gram tempe  terdapat hampir 15 gram protein. Tempe sebagai hasil olahan kacang kedelai juga mengandung vitamin dan mineral. Sama seperti tempe, tahu juga merupakan makanan hasil olahan kacang kedelai yang mengandung protein hanya saja kadarnya lebih rendah

Dalam setiap 100 gram tahu, hanya terkandung 8 gram protein. Tempe dan tahu ini merupakan sumber protein nabati yang bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Beragam pilihan pengolahan tahu dan tempe ini bisa meningkatkan selera makan anak ibu dan membantu memenuhi kebutuhan proteinnya.

2. Jagung

Terkenal dengan cita rasa yang manis, jagung juga mengandung protein. Selain protein, jagung juga mengandung nutrisi baik lainnya yaitu lemak, karbohidrat, dan serat. Dalam setiap 100 gram jagung, terdapat 9,5 gram protein. Ibu bisa menjadikan jagung sebagai camilan untuk Si Kecil dengan cara merebus atau mengukusnya.

3. Alpukat

Selain sayur dan kacang-kacangan buah juga merupakan protein nabati yang bermanfaat. Beragam nutrisi penting  terkandung di dalam buah berwarna hijau ini, seperti lemak baik, serat, karbohidrat, juga protein. Buah ini bisa diolah menjadi jus, campuran salad buah, atau dimakan langsung. Sekitar 3 gram protein terkandung di dalam 140 gram alpukat tanpa kulit dan biji.

Selain jenisnya manfaat dari protein nabati bagi kesehatan tubuh juga perlu Anda ketahui. Selain bermanfaat dan dibutuhkan oleh orang dewasa, nutrisi berupa protein juga sangat penting bagi anak-anak.

1. Mendukung Kesehatan Jantung

Asupan protein nabati bisa membantu  menurunkan tekanan darah pada jantung. Kondisi seperti ini diperoleh baik saat jantung beristirahat maupun berkontraksi. Dengan begitu kesehatan jantung akan lebih terjaga, dan mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke.

2. Menurunkan Tekanan Darah

 Asam amino khususnya asam glutamat yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah terkandung dalam protein nabati. Selain mengonsumsi makanan sumber protein nabati Anda juga dapat memilih makanan rendah garam yang kaya biji-bijian untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Nah, itulah macam-macam protein nabati beserta beberapa manfaatnya. Pastikan kebutuhan protein nabati maupun protein hewani di dalam tubuh Anda sudah tercukupi secara seimbang. Asupan nutrisi yang tercukupi mampu menunjang kesehatan tubuh, pertumbuhan, dan perkembangan manusia di segala usia.

admin

Related Posts