Permain Edukasi Anak Balita Untuk Meningkatkan Kecerdasannya

Permain Edukasi Anak Balita Untuk Meningkatkan Kecerdasannya

Terdapat banyak permainan edukasi anak balita untuk membantunya menjadi lebih aktif dan cerdas. Dengan memilih permainan yang tepat maka akan mendorong peningkatan kecerdasan otak anak. Orang tua bisa membimbing anak saat pertama kali bermain dan kemudian biarkan anak bermain sendiri yang akan meningkatkan kemampuan berpikirnya.

Permainan Untuk Balita

Bermain bukan hanya akan membuat anak senang namun juga memberikan manfaat seperti meningkatkan kecerdasakn kognitif, sosial, fisik, dan emosionalnya. Anak akan menjadi lebih aktif dan juga membantu meningkatkan konsentrasinya. Anda bisa memberikan permainan yang tepat yaitu :

1. Melipat kertas

Melipat kertas di sini bukan melipat secara asal. Ajarkan anak untuk melipat kertas mengikuti instruksi yang ada mulai dari yang sederhana hingga yang lebih rumit. Ibu bisa mengajarkan melipat pesawat terbang sederhana, hingga yang cukup sulit seperti burung bangau atau kupu-kupu.

2. Puzzle

Puzzle juga dapat membantu anak mengasah otaknya dan melatih motorik halus anak. Menyusun puzzle seperti memecahkan teka-teki bagi anak. Ibu dapat membantu dan mendampinginya saat bermain agar tidak bosan. Berikan potongan puzzle yang sedikit sebagai permulaan kemudian bisa meningkatkan kesulitannya.

3. Bricks

Bricks juga dapat dijadikan sebagai mainan edukasi anak balita. Bricks dimainkan sesuai dengan instruksi seperti Lego. Anda bisa membantunya memberikan instruksi apabila anak mengalami kesulitan. Anak pasti akan merasa senang apabila berhasil membangun bricks karena usahanya sendiri. Jangan lupa untuk memberikan pujian kepada si kecil agar anak termotivasi.

4. Mainan profesi

Anda bisa menyiapkan berbagai perlengkapan bermain sesuai dengan profesi yang ada misalnya seperti alat masak, perlengkapan dokter, perlengkapan salon, peralatan musik dan lainnya. Kemudian bisa berikan penjelasan profesi terkait. Dengan ini anak bisa memahami apa yang diminatinya sejak kecil.

5. Balok warna warni

Balok warna warni dapat meningkatkan kecerdasan konstruktif anak dan mengenal lebih banyak warna. Ajak anak untuk merangkai bangunan apa saja menggunakan balok tersebut. Anak akan menggunakan imajinasinya untuk membangun sesuatu sehingga dapat melatih kreativitas dan juga sensor motoriknya.

6. Papan tulis

Anda bisa menyediakan papan tulis dan spidol warna warni yang aman bagi si kecil. Kemudian biarkan anak menulis dan menggambar apa saja yang diinginkannya. Biarkan anak memilih warna yang diinginkan. Dengan ini anak dapat meningkatkan kreativitasnya, kemampuan menulisnya serta sensor motorik kasar dalam memegang spidol dan menghapus papan tulis. Hal ini juga dapt membiasakan anak agar tidak mencoret dinding dan meja rumah.

Selain memberikan permainan edukasi anak balita untuk meningkatkan kecerdasannya, ibu tentu paham bahwa kebutuhan nutrisi yang cukup juga penting dalam meningkatkan kemampuan berpikiri si kecil. Ibu bisa memberikan susu Nutrilon Royal yang mengandung Omega 3 dan Omega 6 untuk membantu meningkatkan pertumbuhan otaknya. Nutrilon Royal juga dilengkapi dengan kandungan nutrisi lainnya yang membantu meningkatkan sistem imun tubuh serta tumbuh kembangnya.

Deskripsi : edukasi anak balita dapat diajarkan menggunakan mainan yang tepat dalam mengasah kecerdasannya.

admin

Related Posts