Mesin Mobil Mengeluarkan Bunyi Keletek Keletek, Kenali Sebab dan Solusinya

Mesin Mobil Mengeluarkan Bunyi Keletek Keletek, Kenali Sebab dan Solusinya

Masalah pada mesin memang akan membuat banyak orang menjadi lebih parno, akan terbayang dong bagaimana banyak uang yang akan keluar belum lagi dalam pemeliharaan komponen lain seperti oli misalkan, bisa jadi anda memasukan anggaran lebih untuk sekedar ganti oli shell di mobil anda yang sekarang.

Salah satu dari sekian banyak masalah kecil sampai kompleks pada mesin adalah ketika sudah mengeluarkan bunyi keletek keletek dan bunyi ini terkadang membuat banyak sekali spekulasi sementara yang bisa anda simpulkan.

Namun memang baiknya anda cek saja lansung dibengkel untuk lebih yakin dan memastikan dimana masalahnya.

Ok sebelum anda ke bengkel maka akan coba kami uraikan sedikit saja secara garis besar kenapa mesin mobil bisa mengeluarkan suara seperti ini.

Dari banyak kasus keluarnya bunyi kletek-kletek ini tidak sama memang pada semua mobil dan dalam kondisi yang berbeda. Terkadang bunyi seperti ini akan anda dengar ketika sudah selesai menggunakan mobil dalam artian mesin sudah tidak bekerja dan tiba tiba akan keluar bunyi kletek-kletek.

Di dalam kasus yang lain, juka terkadang banyak yang menemukan suara ini ketika baru pertama kali menyalakan mobil sampai pada ketika mesin sudah rada hangat.

Dalam mendekteksi kerusakan apa yang terjadi, sumber bunyi kletek-kletek banyak dijadikan sebagai patokan nantinya dalam proses perbaikan menjadi lebih detail oleh kebanyakan bengkel termasuk bengkel yang saya sambangi kemarin di daerah bintaro, disana juga sudah lengkap melayani ganti oli jakarta sampai dengan mengatasi masalah masalah seperti ini.

Baik sekarang kita coba bahas satu persatu penyebab umumnya semoga bisa menambah wawasan kalian mengenai masalah pada mesin mobil.

  1. Priksa pada bagian klep mobil apakah ada yang berubah

Kami sarankan kamu mencoba pengecekan manual dulu baru ke bengkel siapa tau masalahnya ditemukan sehingga lebih irit bajed.

Pada kebanyakan kasus mesin mobil bunyi kletek-kletek dikarenakan adanya masalah pada bagian klep dimana perubahan pada bagian ini menjadi merenggang sampai dengan aus hal ini di akibatkan biasanya oleh masa waktu penggunaan mobil yang sudah lama dan belum pernah di ganti.

Dengan kondisi klep yang tidak rapat inilah kerap kali akan menimbulka bunyi kletek-kletek yang kebanyakan orang khawatir dan masalahnya bisa sepele juga dan bisa bukan berasal dari problem engine yang serius.

  1. Auto klep lemah

Penggunaan auto klep sendiri tidak akan anda temukan pada mobil keluaran lama. Untuk mempermudah pengecekan dan setingan pada banyak mobil terbaru sudah dilengkapi dengan auto klep ini.

Nah terkadang masalahnya kebanyakan pada lemahnya daya auto klep yang tidak jarang orang sadar masalah ini sehingga akan terjadi masalah yang bisa membuat anda khawatir seperti keluarganya bunyi kletek-kletek pada bagian mesin dan bisa jadi masalah hanya pada auto klep saja.

Pada bagian ini nanti juga akan berpengaruh pada komponen lain yang dinamakan dengan rocker arm. Ketika auto klep lemah maka sudah menjadi gelaja umum sekali mobil akan mengeluarkan bunyi kletek-kletek sebabnya sederhana sekali klep sudah tidak rata dengan rocker arm.

Bagaimana soulisnya ? mudah sekali anda tinggal ganti saja auto klep ini dengan yang baru maka masalah sudah selesai.

  1. Masalah bisa datang dari main bearing dan conrod bearing

Masalah yang menjadi analisa sebab bunyi kletek-kletek ini sendiri juga bisa anda cek pada bagian main bearing dan conrod bearingnya apakah masih bagus atau sudah aus dan tidak layan pakai.

Salah satu indikasi yang memberikan jawaban jika ini menjadi sebab bunyi biasanya bisa anda dengar ketika suara kletek-kleteknya bersumber dari bagian terdalam mesin mobil anda.

Cara mengatasinya tidak cukup dengan mempersiapkan harga ganti oli saja namun kebanyakan orang memberikan saran turun mesin karena ini masalahnya sudah serius berasal dari mesin bagian dalam.

  1. Kerusakan pada mesin

Kemudian yang paling menakutkan juga bisa jadi masalah terakhir yakni pada komponen mesin secara keseluruhan sehingga bunyi kletek-kletek ini akan terus muncul dalam rentan yang sering dan semakin keras.

Anda bisa cek beberapa komponen mesin yang bisa jadi sudah rusak dan tidak layak pakai atau perlu di bersihkan mulai dari flange flywhell, kemudian damper pulley sampai dengan silinder dan yang lainya.

admin

Related Posts